Saturday, July 21, 2018

Mengolah Nafas



Sebaiknya cari perguruan-perguruan yang mengajarkan seni olah nafas, seperti tai chi, yoga, senam-senam kesehatan yang berasal dari bumi nusantara. dll. Pada dasarnya teknik olah nafas adalah mengatur kapan bernafas dan kapan menahan nafas. 

Ada 2 jenis jika dikelompokkan berdasarkan cara menahan nafas. . Ada yang menerapkan teknik olah nafas segi tiga, dan ada teknik olah nafas segi empat. Pengumpulan udara di dalam tubuh ada yang dikumpulkan di dada, dengan cara menarik perut ke dalam, ada yang mengumpulkan di perut, dengan cara mengembungkan perut. Teknik mana pun yang kamu mau pilih, olah nafas ini baru efektif meredakan gejala fight or flight tadi setelah kamu lakukan 30 kali. Jika kamu bergabung ke perguruan yang menerapkan olah nafas, maka olah nafas ini akan disertai gerakan-gerakan yang tentunya bermanfaat untuk kesehatan. 


Ilustrasi Nafas Segi Tiga


Contoh nafas segi tiga: tarik lewat hidung secepat-cepatnya, tahan minimal 10 hitungan dan maksimal 30 hitungan dengan cara mengembungkan perut, lepas lewat mulut dengan cara membiarkan udara keluar sendiri perlahan-lahan sampai habis tanpa hitungan. Lakukan 30 kali untuk men turn-off respons  fight or flight. 



Ilustrasi Nafas segi empat


Contoh nafas segi empat: tarik lewat hidung misal 5 hitungan, tahan 5 hitungan kembangkan dada, lepas lewat mulut dalam 5 hitungan lalu tahan nafas lagi selama 5 hitungan kemudian kembali tarik nafas 5 hitungan. Lakukan 30 kali untuk men turn-off respons  fight or flight 

I'm Healthy and Happy