Saturday, June 16, 2018

Dalam Kondisi Puasa Mengalami Reflux?

Mungkin teman teman pernah mengalami kondisi saat berpuasa mengalami reflux, reflux yang saya maksud adalah ada sesuatu dari lambung yang naik ke kerongkongan. Entah seperti angin, atau bahkan berasa ada makanan yang naik sampai tenggorokan. Tentunya hal ini membuat tidak nyaman.
Reflux saat berpuasa seperti ini biasa terjadi kalau makan makan sahur terburu buru mepet ke azan subuh, atau makan sahur terlalu banyak sehingga penuh perutnya. 

Jika kalian mengalami kondisi ini, tidak perlu khawatir. Yakinlah dalam maksimal satu jam reflux ini akan reda dengan sendirinya.

Ada beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan untuk meredakan reflux tanpa makan dan minum.
1. Pastikan tubuh dalam kondisi tegak. Coba bayangkan sebuah botol penuh sampai ke leher botol sampai ke mulut botol. Coba miringkan sedikit, maka akan tumpah airnya. Ini ibarat tubuh kita yang sedang mengalami reflux, goncangan sedikit ataupun miring sedikit akan membuat sensasi baru. Maka pastikan posisi lambung, tenggorokan tegak lurus.
2. Gerakan jinjit jinjit. Entah siapa yang pertama mengajarkan, tapi ini yang pernah saya baca dan praktekkan. Cukup berhasil jika mengalami reflux. Melakukan jinjit jinjit tapi tidak dengan menghentakkan tumit, artinya saat mengangkat tumit dan meletakkan ke lantai lakukan dengan perlahan. Biasanya nanti ada angin yg keluar (bersendawa) yang efeknya lambung kita jadi ada sedikit ruang, sehingga reflux bisa mereda.
3. Untuk yang anxiety, biasanya disertai rasa panik. Untuk itu tidak boleh diam. Krn orang anxiety jika disuruh diam maka akan banyak yang ia pikir. Ia mulai cek detak jantung dia mulai perhatikan apakah pandangan buram atau tidak, dan macam macam yg akan membuat pikirannya makin parno. Untuk itu jalan. Yang biasa saya lakukan, jinjit jinjit 10 kali, jalan 10 langkah.

Kira kira itu 3 hal yang bisa kita lakukan jika terkena reflux saat tidak bisa makan atau minum apapun. Semoga tips ini membantu.

I'm Healthy and Happy