Friday, June 22, 2018

Self Talk (Berbicara pada diri sendiri)

Salah satu teknik untuk bisa sembuh dari Psikosomatis adalah dengan Self Talk (Berbicara pada diri sendiri) atau beberapa orang menyebut kata Afirmasi. Artinya kita berbicara pada diri kita sendiri untuk memberikan sugesti positif pada diri kita sendiri. Bertujuan untuk memasukkan kata-kata positif sehingga kita bisa lebih percaya diri untuk sembuh dari sakit Psikosomatis yang kita derita. Berikut adalah sharing mengenai self talk yang diceritakan oleh kawan saya Mbak Irma pada WAG Healthy and Happy Community pada tanggal 12 Juni 2018: 

Haii semua...

Cerita mau sedikit dong tentang pengalamanku kemarin 😊
4 bulan setelah cerai dengan si panik attack (PA) aku selalu mencatat target pribadiku, terutama tentang apa yang aku mau dan bagaimana yang aku mau jalani untuk menuju sembuh. 

Setiap bangun tidur aku selalu bicara dengan diriku sendiri di depan cermin bahwa aku harus bisa dan aku pasti sembuh dengan ijin Allah SWT 😇
dan aku harus selalu bersemangat💪

Dengan cara berbicara pada diri sendiri di depan cermin seperti ini, berikut perkembangan kesembuhanku:

Bulan ke 1 aku mau bisa jalan,lari di pagi / sore selama 1 sampai 2 jam dalam sehari (allhamdulilah bisa tercapai)

Bulan ke 2 aku mau berani di tempat ramai/kumpul-kumpul sama teman,sahabat dll (allhamdulilah sudah bisa tercapai)

Bulan ke 3 aku mau bisa kembali beraktifitas/ berkegiatan kerja seperti sebelum aku kena sakit GERD dan Psikosomatik  (allhamdulilah sudah bisa tercapai)

Bulan ke 4 aku mau bisa bepergian ke luar kota lagi dan aku mau pulan kampung Jakarta - Bandung naik motor sendirian (allhamdulilah bisa tercapai juga)

Allhamdulilah dengan penuh rasa syukur ternyata tidak terasa dalam 4 bulan ini smua yang aku catat sebagai target kesembuhanku sudah bisa aku lakukan semuanya. 😁😊 yaa walaupun masih suka  ada sedikit sensasi ini itu yang macam - macam dan aneh - aneh tapi semua sensasi itu bisa kalah dan pergi. Aku berwyukur pada Allah, aku bersemangat, dan aku akan selalu konsisten. ini yang aku tanamkan, aku bisikkan pada diriku sendiri setiap hari. 
#Allhamdulilah ya ALLAH😇  

🙏Just sharing
Mbak Irma

I'm Healthy and Happy