Saturday, June 16, 2018

Madu Hutan

Banyak yang merekomendasikan Madu Manuka sebagai madu dengan kualitas terbaik dalam menjaga kesehatan.  Madu Manuka ini merupakan madu hutan di New Zealand. Dikarenakan hutan New Zealand bersifat homogen, maka ada satu jenis bunga saja yang ada disana sehingga lebah hutan di New Zealand mengambil madu dari satu jenis bunga yaitu bunga manuka. madunya disebut sebagai madu manuka. 

Nah.. bagaimana dengan madu hutan dari daerah lain? Di Indonesia kita juga memiliki hutan, hutan di daerah Indonesia terkenal dengan hutan tropisnya. Di hutan tropis tumbuh berbagai macam bunga sehingga madu hutan yang berasal dari hutan Indonesia, lebahnya tidak mengambil dari satu jenis bunga saja, melainkan berbagai macam bunga hutan tropis yang juga bagus kualitasnya, walau konon khasiatnya masih dibawah madu manuka.. tapi madu hutan tetap dipercaya memiliki kualitas lebih baik dari pada madu ternak biasa.

Dalam memilih madu hutan, disarankan untuk melihat metode pengumpulan madunya. Kita bisa mendapatkan madu hutan yang dikumpulkan secara tradisional. Jenis madu hutan yang dikumpulkan secara tradisional bisa kita dapatkan jika kita melakukan perjalanan darat, di pinggir jalan banyak yang menawarkan jenis madu ini. Di beberapa kota besar juga ada penduduk dari pedesaan yang desanya dekat dengan hutan menawarkan madu hutan yang dikumpulkan secara tradisional ini. Tentunya kita bisa mendapatkan dengan harga yang relatif lebih murah, selain dengan membeli dari penduduk desa, kita bisa membantu perekonomian mereka. 

Selain madu hutan yang dikumpulkan dengan cara tradisional, beberapa pengusaha sudah melakukan metode pengumpulan yang lebih rapi, biasa ditandai dengan kemasan yang rapi, adanya merek dan sertifikasi produk organik pada madu yang dijual. Sertifikasi ini membuat kita sebagai konsumen bisa lebih percaya dengan kebersihan saat proses pengumpulan, pengemasan, distribusi hingga sampai di tangan kita. Tentunya jenis madu yang sudah dikelola secara terorganisir ini lebih tinggi harganya dibanding madu hutan yang dikelola secara tradisional, walaupun masih di bawah madu manuka tadi dengan manfaat yang juga tidak terlalu jauh berbeda. 

I'm Healthy and Happy