Wednesday, June 27, 2018

Gangguan Prikosomatik


Di WAG Healthy and Happy Community, ada seorang sahabat saya, mas Prima. Kebetulan memiliki keahlian dibidang psikologi dan pembentukan karakter, beliau sering membantu orang dalam hal Hypnotherapy dan Ruqyah Syar'i. Beliau berkenan berbagi ilmu pada saya tanggal 27 Juni 2018 dan beliau sudah memberikan ijin pada saya untuk dapat menampilkan apa yang beliau share ke blog ini. Sebelumnya terima kasih mas Prima atas sharing ilmunya, semoga mas dan keluarga diberi kesehatan dan sharing ilmu ini dihitung sebagai amal jariah. Amiin...

Gangguan Psikosomatik
oleh: Mr. Prima

Gangguan psikosomatik adalah terjadinya keluhan fisik namun tidak ditemukan adanya gangguan fisik yang dapat menjelaskan penyebab dari keluhan tersebut.

Pengobatan psikosomatik merupakan integrasi berbagai bidang ilmu, seperti psikiatri, psikologi, neurologi, dan hingga berkaitan penyakit dalam.

Ada baiknya harus dicari terlebih dahulu apa pencetus dari psikosomatik ini, apakah faktor stres, depresi, atau penyakit kronik yang membuat seseorang menjadi depresi atau malah ketakutan bila mengidap penyakit tertentu.

Psikosomatik

Ada yang menyebut Psikosomatik ini dengan gangguan kecemasan berlebih, yang dapat berakibat pada gejala/keluhan berupa sesak napas, nyeri dada, jantung berdebar, keringat berlebih, dsb.

Penatalaksanaan (penanganan) serangan panik dan gangguan kecemasan berlebih menjadi topik bahasan utama yang disajikan di blog ini.

Adapun caranya dapat dilakukan dengan medikamentosa (obat-obatan) dan non-medikamentosa (tanpa obat). Penggunaan obat-obatan untuk mengatasi masalah ini sebaiknya tidak digunakan di luar pantauan dokter untuk menghindari efek obat yang tidak diinginkan. Anda perlu mengunjungi dokter spesialis psikiatri untuk konsultasi lebih lanjut dan pemberian obat. Dokter spesialis psikiatri akan membantu Anda dengan mendengarkan keluhan Anda dan membantu Anda mencari penyelesaian yang tepat untuk kekhawatiran Anda.

Namun, kami menyarankan ke teman-teman untuk mencoba memulai dulu dengan cara penyelesaiannya tanpa obat kimia. Ada beragam cara yang bisa dilakukan. Salah satunya seperti yang biasanya kami lakukan. Biasanya kami mengadakan sesi berbagi (sharing) sekedar "meet up" bahkan sampai fokus diskusi untuk membantu mencari faktor penyebab psikosomatiknya. Hanya dengan sesi awal ini saja, ada beberapa kasus di mana orang sudah terbantu. Sehingga penting sekali bagi penderita Psikosomatik untuk menemukan sumber kecemasannya.

Penyelesaian dengan sesi berbagi di samping akan meringankan biaya pengobatan, hal ini juga akan memberikan dampak yang lebih alami bagi tubuh kita, karena kita tidak perlu minum obat kimia sama sekali.

Ada beberapa tips yang dapat dicoba untuk mengatasi serangan panik dan gangguan cemas, seperti :
  1. Cobalah untuk menarik napas dalam dan perlahan-lahan saat serangan.
  2. Ingatkan diri kita bahwa kita tidak sedang dalam keadaan bahaya
  3. Cobalah untuk membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan kita, hingga kita dapat mengontrol perasaan takut tersebut.
  4. Carilah hobi yang mampu membuat Anda melupakan kecemasan (kalo saya bergabung dengan komunitas PERISAI DIRI).

Yang pernah dan sering  kami lakukan adalah no. 3 dan 4 (berkelompok), hal ini
mampu mengatasi psikosomatik tanpa obat-obatan, hal ini lebih baik dibandingkan ketergantungan terhadap obat penghilang rasa cemas.

Namun kita perlu bersabar mengatasi masalah ini karena memang memerlukan waktu yang cukup dan jangan mudah putus asa.

Demikian informasi semoga bermanfaat.

I'm Healthy and Happy