Thursday, January 24, 2019

Target Pencapaian Kesehatan awal tahun

Selamat malam teman-teman.. 

Saya menuliskan tulisan ini tadi siang, ditengah kebingungan saya karena duduk di kapal feri dan tdk tahu harus berbuat apa apa lagi. Iseng iseng saya menulis saja buat Healthy and Happy Community.

Sekarang masuk ke awal tahun. Apa artinya tahun ini bagi teman teman? Kalau di sebuah sesi motivasi, biasanya ditanyakan target kita apa di tahun yang baru ini. Buat teman teman saya ada ide.. 

Bagaimana kalau target tahun ini adalah sehat. Pertama ada baiknya kita definisikan dulu sehat yang ingin kita capai itu apa. Bagaimana kalau kita terjemahkan lagi sehat itu sebagai sebuah kemampuan melakukan aktifitas. Misal berlari.

Ini percis dulu yang saya lakukan waktu sakit, saya tidak tahu sakit apa karena saat itu belum banyak edukasi mengenai sakit GERD dan psikosmatis seperti ini. Jadi saya hanya mendefinisikan bahwa saya merasa sehat kalau sudah mampu ikut acara 5k Fun Run.. sehingga saya rutin berlatih. alhasil gak jelek jelek amat juga, saya bisa menyelesaikan 5k run saya dalam waktu 22 menit. Waktu ini bukan waktu yang bagus sebenarnya, tapi untuk ukuran orang yang punya sakit lambung dan psikosomatis, lumayanlah... 

Singkat kata. mari teman-teman definisikan target pencapaian dibidang kesehatan untuk tahun baru ini apa. lalu cari cara untuk mencapainya..

Selamat Malam..

I'm Healthy and Happy