Friday, January 18, 2019

Brand Image

Brand Image adalah representasi dari keseluruhan persepsi terhadap Brand ini sendiri. Jika Brand Image baik maka penerimaan customer terhadap brand ini juga baik sehingga mudah kita menjual brand ini, jika brand image jelek maka penerimaan customer terhadap brand juga kurang baik, sehingga sulit bagi kita untuk menjualnya. Ini cerita awal saya dan istri saya Wenty membuka Sasana Ling Tien Kung Healthy Happy.

Hal yang umum dilakukan oleh para instruktur baru ketika membuka sasana mereka adalah membuat materi entah tulisan atau brosur elektronik untuk disebar (broadcast) lewat sosial media. Kamipun melakukan itu diawal sasana kami berdiri, bahkan sampai sekarang pun masih kami lakukan.

Awal awal saya tidak buat brosur elektronik, hanya membuat tulisan saja. Lalu saya broadcast ke beberapa whatsapp grup, dibawah tulisan yang intinya menceritakan sedikit tentang Ling Tien Kung lalu menceritakan sedikit manfaatnya, menekankan kalau ikut gratis, kemudian meletakkan tempat dan jadwal latihan, nama dan nomor whatsapp saya untuk mereka hubungi kalau tertarik ikut.

Lucu ya.. tulisan saya ini menyebar tidak hanya di kota depok. Padahal saya hanya menyebar ke whatsapp grup yang isinya orang orang depok saja. Tulisan saya sampai ke surabaya, lalu menyebar di surabaya kemudian dikirim kembali ke seorang ibu yang tinggal di daerah citayam. Ibu ini menelepon saya, beliau bilang dapat broadcast dari kakaknya dia yang tinggal di surabaya.

Ibu ini bercerita kalau dia berobat ke  RSPAD Jakarta, lalu dokternya menyarankan beliau untuk terapi Ling Tien Kung. Beliau bingung harus mencari terapi Ling Tien Kung kemana.. bertahun tahun beliau mencari sampai ia menerima broadcast saya yang dikirimkan kakaknya dari Surabaya. 

Di sini saya hanya ingin mengatakan bahwa enak kita kalau harus menjual sebuah brand jika brand imagenya sudah baik, yang mana brand tersebut sudah cukup dikenal, sudah memiliki reputasi luar biasa. Ya seperti kasus saya ini,  saya hanya cerita sedikit tapi saya dapat banyak respon positif. Ibu ini hanya satu dari sedemikian banyak orang yang merespon broadcast saya.

Brand Ling Tien Kung adalah brand yang memiliki brand image luar biasa. Jadi saran saya buat teman teman sesama instruktur Ling Tien Kung.. percaya diri saja mempromosikan ling tien kung. InsyaAllah mendapat respon positif, InsyaAllah berkah.

Semoga Allah memberikan rahmatNya pada kalian. Amiiin..

I'm Healhty and Happy