Tuesday, January 22, 2019

Otot untuk Buka Tutup

Tahukah kamu tentang Otot Sphincter?

Otot Sphincter ini merupakan otot pada organ tubuh yang berguna untuk membuka dan menutup saluran dalam tubuh, bentuk otot Sphincter ini melingkar. Otot Sphincter ini ada di beberapa organ tubuh seperti antara perut dan kerongkongan, yang kalau otot ini gagal menutup rapat maka menimbulkan reflux atau asam lambung naik ke kerongkongan, penyakit yang dikenal dengan namanya GERD. Otot Sphincter juga ada di anus disebut sebagai anal Sphincter dan ada di juga saluran kemih.

Mungkin saat mengajarkan teknik empet-empet, teman-teman instruktur sering ditanya ini sama seperti senam kegel ya? sering kan.. disini ada beda sedikit, jika senam kegel itu yang dilatih atau di empet-empet adalah otot Sphincter di saluran kemih, maka di Ling Tien Kung yang dilatih atau di empet-empet adalah otot Sphincter di anus. jadi itu bedanya.

Otot Anal Sphincter ada dua ada internal sphincter dan external sphincter. dua otot inilah yang kita gunakan ketika melakukan empet-empet. ini sebabnya Laoshe mengatakan melatih organ yang tidak terlihat. karena memang dua otot ini tidak bisa kita lihat.

Empet empet yang dalam bahasa cinanya fu kang. Merupakan gerakan dasar ling tien kung. Gerakannya menggunakan otot anal sphincter. Saya akan bahas 3 kondisi:
1.  Kondisi normal ketika anus tidak diapa apakan kita sebut loss .
2. Lalu Otot tsb ditahan atau anus dikatupkan/ditutup, gerakan ini kita sebut empet.
3. Kemudian setelah tertutup tarik lah otot tsb kearah dalam usus, gerakan ini kita sebut tahan.

Gerakan empet-empet ini adalah empet tahan empet tahan bukan empet loss emper loss. Artinya kita menahan otot anal sphincter lalu menarik kearah dalam, bukan tidak ditahan lalu ditahan. Semoga penjelasan ini cukup jelas ya..

Disarankan dari bangun tidur di pagi hari sampai kita tidur lagi di malam hari lakukanlah 1.500 kali empet empet dan ketika melakukan empet-empet jangan ngotot, karena jika ngotot bisa berakibat bokong jadi pegal, lakukanlah empet-empet dengan perlahan saja, tetapi berterusan atau kontinyu,  1.500 kali ini bisa dicicil, dengan satu kali cicilan minimal 25 kali hitungan. 

Semoga sharing ini bermanfaat.

I'm Healthy and Happy