Friday, January 25, 2019

Apa itu Self Healing

Pernahkah kalian melihat film silat atau film kungfu atau baca cerita silat yang menceritakan bahwa si pendekar bertarung dan terluka lalu dia melakukan satu aktifitas tertentu kemudian tak lama dia keluar dengan kondisi kembali sehat seperti sebelum dilukai oleh musuhnya? Ini yang dinamakan dengan self healing.

Pasti kalian pernah mengalami luka kecil, lalu karena sibuk kalian abaikan luka itu, ternyata darahnya berhenti karena lukanya kering sendiri dan dalam beberapa hari luka itu sembuh tanpa diobati sama sekali. Ini juga namanya self healing.

Mungkin juga pernah mengalami seperti mau pilek, lalu kalian tidur dan setelah bangun tidur terasa segar dan tidak jadi pilek. Ini juga dinamakan self healing.

Self healing adalah kondisi dimana tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Kemampuan self healing ini secara alami memang sudah dimiliki oleh tubuh kita. Namun dijaman sekarang, tubuh kita sudah dimanja oleh berbagai macam obat. Sehingga pusing sedikit minum obat lalu pusingnya hilang, mau flu minum obat lalu flunya sembuh. Sehingga kesembuhan kita menjadi bergantung pada obat.

Beberapa kelompok mulai mengurangi pemakaian obat ini, lalu mencari alternatif obat yang alami. Disebut dengan herbal. Sehingga sakit sedikit langsung deh cari herbal apa yang bisa menyembuhkan. Ini juga masih ketergantungan dengan apa yang kita makan.

Sebenarnya, tubuh kita perlu dilatih agar bisa cepat melakukan proses self healing. Sehingga kita tidak perlu bergantung pada obat dan herbal. Mirip seperti angkat beban untuk melatih otot, atau belajar untuk melatih otak, maka tubuh juga perlu dilatih agar kemampuan self healingnya meningkat.

Ada beberapa cara untuk bisa melatih kemampuan self healing, paling tidak ada 3 yang saya ketahui, yang bisa saya share:

1. Olahraga
Orang yang rajin dan rutin berolah raga, memiliki daya tahan yang baik, daya tahan ini juga merupakan modal bagi tubuh untuk meningkatkan kemampuan self healing.

2. Olah nafas
Olah nafas bertujuan untuk melipat gandakan energi chi dalam tubuh. Energi chi ini yang berperan besar dalam self healing ini. Energi bersifat seperti air, akan mengalir dari organ yang kelebihan energi ke organ yang kekurangan energi. Jika satu organ memiliki cukup energi chi, maka organ tersebut bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Untuk jenis olah nafas yang pernah saya pelajari adalah teknik Olah Nafas dari alm dr Harry Angga, yg dia beri nama Bio Energy Power.

3. Ling Tien Kung.
Ini mirip dengan nomor 2 tadi, bertujuan untuk mencharge kembali energi chi, biasa disebut dengan Charge Accu Manusia. setelah energi chi dilipatgandakan, lalu melakukan gerakan gerakan yang bertujuan melatih organ organ bagian dalam yang tidak ada di olah raga atau senam manapun. Uniknya Ling Tien Kung sama sekali tidak mengolah nafas, dalam melakukan teknik gerak Ling Tien Kung, bernafaslah seperti biasa.

Jadi ini 3 hal yang saya ketahui untuk bisa melatih kemampuan self healing kita. Untuk itu, rajinlah berolah raga dilanjutkan dengan relaksasi sambil mengolah nafas setiap hari, atau pilihan lain adalah lakukan 4 kali Ling Tien Kung dalam seminggu. InsyaAllah kemampuan self healing kita akan baik.

I'm Healthy and Happy