Monday, January 21, 2019

Gadis cantik itu bernama Aida..

Suatu pagi saat aku akan naik commuterline di stasiun, aku melihat ada seorang gadis cantik yang kerepotan dengan tas bawaannya. Akupun menghampiri dan berkenalan ternyata ia bernama Aida.. Halah... apaan sih.. kok jadi novel, bukan edukasi...

Selamat Pagi kawan-kawan Instruktur Ling Tien Kung dan pengelola Sasana Ling Tien Kung yang saya hormati. Sharing kali ini adalah tentang sebuah istilah di marketing yang biasa disebut dengan AIDA. Merupakan singkatan dari Attention/Awareness, Interest, Desire, dan Action.

AIDA ini biasa digunakan oleh orang-orang marketing sebagai panduan dalam membuat iklan.. Iklan? Ya iklan.. Kita sebagai instruktur LTK atau Pengelola Sasana LTK biasanya mengiklankan dengan cara menyebarkan tulisan atau brosur lewat aplikasi chat Whatsapp atau lewat media sosial. artinya kita membuat sebuah iklan.

Ada beberapa hal yeng perlu diperhatikan dalam sebuah brosur atau tulisan promosi:
1. Definisikan dulu segmen market yang ingin kita bidik, lalu sesuaikanlah gaya bahasa dalam brosur atau tulisan kita sesuai dengan gaya bahasa yang umum digunakan oleh segmen market yang kita bidik.

2. Terapkan AIDA.
ini agak panjang... ada dua cara yang pertama terapkan AIDA ini dalam satu kali broadcast brosur atau tulisan. Jadi dalam tulisan ini ada satu kalimat yang bertujuan untuk memberitahu bahwa tulisan atau brosur ini tentang Ling Tien Kung.. lalu ada minimal satu kalimat dalam brosur atau tulisan yang bertujuan membuat pembaca tertarik untuk ikut Ling Tien Kung. lalu minimal ada satu kalimat yang bertujuan untuk membuat pembaca memutuskan untuk ikut LTK. terakhir ada minimal satu kalimat yang sifatnya mengajak, agak memaksa secara halus agar pembaca melakukan actiion untuk ikut LTK.

Cara kedua dengan bertahap. Misal nih ya.. kita latihan di hari Sabtu.. maka hari Senin saya sudah mengirimkan brosur yang sifatnya membangkitkan awareness atau bahasa depoknya membuat orang itu ngeh kalau ada Sasana Ling Tien Kung di dekat rumahnya dia.
lalu di hari  Selasa dan Rabu saya akan memberikan testimoni testimoni agar bertujuan pembaca tertarik dengan Ling Tien Kung
lalu di hari Kamis saya akan mulai menceritakan tentang sasana yang ingin saya ajak mereka bergabung, tentang mudah dan hepinya bergabung di sasana LTK kami. , tentang keakraban dan manfaat lain selain sehat. tentang free nya LTK. sebenarnya mirip dengan tulisan sebelumnya namun ini lebih intens karena bertujuan agar pembaca memutuskan. 
nah..
di hari jumat saya mulai menggunakan kalimat ajakan, menggunakan kata yang mau berkonsultasi saya tunggu ya di halaman masjid jam 6.45. Atau kalimat kita akan mulai jam 7 pas.. maka bapak/ibu jangan terlambat ya..

3. Gunakan gambar yang menarik dan tulisan yang singkat tapi padat akan informasi.

4. jangan lupa cantumkan nomor dan nama yang bisa dihubungi,

Ini kira-kira sharing dari saya tentang bagaimana cara mempromosikan sasana Ling Tien Kung kita.. Semoga sharing saya bermanfaat, semoga sharing saya memicu instruktur dan pengelola sasana lain untuk sharing juga..

I'm Healthy and Happy