Monday, January 21, 2019

HNP

HNP merupakan singkatan dari Herniated Nucleus Pulposus. Sebuah kondisi dimana tulang belakang bergeser sehingga saraf menjadi tertekan. Di dalam bahasa Depok kita mengenal dengan Syaraf Kejepit.

HNP bisa saja tejadi di setiap ruas tulang belakang, jika HNP terjadi di ruas bagian bawah maka penderita akan mengalami nyeri di daerah punggung bawah, menjalar ke panggul dan kaki. Jika HNP terjadi di ruas bagian atas maka penderita akan mengalami sakit di bagian leher, bahu dan lengan.

Permasalahannya saat instruktur LTK kedatangan peserta yang menderita HNP maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Penderita HNP memiliki masalah di tulang belakang yang terletak di daerah punggung. Untuk itu instruktur diharapkan memperingati peserta penderita HNP untuk tidak melakukan gerakan-gerakan membungkuk atau menekuk tulang punggung ke arah depan seperti lipet pinggang dan gaya kodok. Jika peserta merasa mampu dan ingin melatih maka diingatkan untuk "jangan ngotot".

2. Gerakan streching tulang punggung dengan menarik tulang punggung ke arah belakang ada di gerakan buka jendela langit, goyang pinggang, derap kuda dan gaya belalang. Ini terapi untuk tulang belakang, tapi peserta punya HNP. Sehingga walau terapi ini bagus untuk pengobatan HNP nya, tetap perlu berhati-hati ingat pesan Laoshe untuk "Sabar" dan "jangan ngotot".

Demikian sharing kami untuk kasus peserta dengan HNP, kasus HNP sendiri ada di buku ling tien kung edisi 1 halaman 171, bisa kembali dibaca baca. Menurut kesaksian diawal menjalani terapi LTK beliau tidak bisa jalan selama 2 hari. Tetapi setelah ditekuni, akhirnya sudah tidak pernah menderita sakit punggung karena HNP lagi.

Demikian sharing hari ini.. saya menghimbau teman-teman instruktur untuk kembali membaca buku Ling Tien Kung edisi 1 lagi, agar pengetahuan kita selalu update. Setiap membaca ulang akan ada sesuatu hal baru yang bisa kita pelajari lagi.

Ling Tien Kung... JAYA!!!

I'm Healthy and Happy